Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Navalny Pemimpin Baru Oposisi Rusia

Kompas.com - 23/10/2012, 14:25 WIB

MOSKWA, KOMPAS.com - Para penentang Presiden Rusia Vladimir Putin telah memilih pemimpin oposisi baru untuk memperjuangkan reformasi pemilu.

Juru kampanye anti korupsi yang populer di Rusia, Alexei Navalny memenangkan sebagian besar suara dalam pemilihan secara online yang dilakukan selama tiga hari.

Sekitar 81.801 pemilih berpartisipasi dalam jajak pendapat di internet, seperti disampaikan oleh kepala komite pemilihan Leonid Volko. Total 45 kursi di Komite koordinasi untuk anti Putin memilih lebih dari 200 kandidat.

Navalny mengatakan jajak pendapat itu akan mengklarifikasi "masyarakat mana, metode mana dan ideologi mana yang mendapatkan banyak dukungan".

Novelis dan kolumnis Dmitry Bykov menduduki peringkat kedua dalam pemilihan itu.

Salah satu pemenang utama adalah mantan juara catur Gary Kasparov, pemimpin gerakan kanan depan Sergei Udaltsov, dan seorang mantan wakil perdana menteri dalam pemerintahan Boris Yeltsin, Boris Nemstov. Pemilihan ini hanya merupakan perpecahan kecil di kalangan pemilih Rusia.

Bagaimanapun, oposisi berharap pemilihan ini akan memperkuat gerakan yang melakukan protes skala besar pada musim dingin lalu, yang merupakan tantangan serius bagi Putin.

Ketika otoritas Rusia mengabaikan pemilihan, serangan terhadap para kandidat di media pro Putin dan pemogokan yang tampak pada situs pemilu, yang tidak dapat mengakses pada Sabtu pagi- menunjukkan bahwa pendukung Kremlin tidak bersikap biasa saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com