Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obama Ejek Romney soal Militer AS

Kompas.com - 23/10/2012, 09:59 WIB

BOCA RATON, KOMPAS.com Presiden Amerika Serikat Barack Obama meremehkan kemampuan Mitt Romney sebagai calon panglima tertinggi militer dengan menuduhnya tidak memahami bahwa militer saat ini sudah bergerak dari era "kuda dan bayonet" (horses and bayonets).

Ungkapan Obama itu langsung menjadi trending topic di Twitter dengan #horsesandbayonets.

Cemoohan Obama itu bermula dari tudingan Romney bahwa Obama berniat mengurangi anggaran militer. Kata Romney, "Angkatan laut kita sekarang lebih kecil dibandingkan dengan tahun 1917."

Obama membalasnya dengan serangkaian jawaban yang berniat menunjukkan bahwa penantangnya itu belum memiliki kapasitas untuk ke Gedung Putih.

"Menurut saya Gubernur Romney tidak memiliki cukup waktu untuk mempelajari cara militer kita bekerja," kata Obama, seraya mengatakan bahwa dia akan mempertahankan anggaran pertahanan.

"Anda bilang angkatan laut, misalnya, dan kita memiliki lebih sedikit kapal dibandingkan di tahun 1916. Yah, Gubernur, kita juga mempunyai lebih sedikit kuda dan bayonet karena model militer kita sudah berubah," papar Obama yang disambut tawa penonton.

"Kita sekarang memiliki yang disebut kapal induk, yang bisa didarati kapal. Kita memiliki kapal yang bisa menyelam, yakni kapal selam bertenaga nuklir," lanjutnya.

"Jadi pertanyaannya sekarang bukan perang kapal di mana kita menghitung jumlah kapal, melainkan kemampuan," tegas Obama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com