Kompas.com - 22/10/2012, 17:09 WIB
|
EditorFarid Assifa

SURABAYA, KOMPAS.com - Diskusi ilmiah tentang Syiah di Fakultas Ushuludin, IAIN Surabaya, Senin (22/10/2012) diwarnai insiden kecil. Salah satu narasumber, Ketua Dewan Syuro DPP Ahlul Bait Indonesia (ABI), Umar Syahab dilarang menyampaikan materi demi alasan keamanan.

Diskusi dengan tema ''Haruskah Syiah Ditolak?'' yang digelar PMII Rayon Ushuludin, IAIN Sunan Ampel Surabaya itu, kata Dekan Ushuludin, Ali Maksum sejak perencanaan memang sudah mengundang kontroversi. ''Karena itu, sejak awal kami sudah mengingatkan mahasiswa untuk membatasi audien,'' katanya saat dikonfirmasi.

Meski salah satu narasumber dilarang tampil oleh salah satu anggota Badan Intelijen Negara (BIN), namun diskusi, kata dia, berjalan lancar. Sejumlah narasumber seperti budayawan Emha Ainun Najib, dan Pengurus MUI Jatim Habib Achmad Zein Al Kaff menyampaikan orasinya sesuai jadwal. Meski begitu, dia tetap menyesalkan tidak diperbolehkannya pengurus ABI menyampaikan orasi dalam diskusi tersebut.

''Diskusi ini justru untuk memberikan pencerahan secara ilmiah kepada mahasiswa, tentang salah satu aliran agama Islam yang sempat menjadi kontroversi di tengah masyarakat,'' ungkapnya.

Diskusi serupa sebenarnya sudah direncanakan saat hangatnya pemberitaan kasus kerusuhan Sampang akhir Agustus lalu. Namun lagi-lagi karena alasan keamanan, oleh pihak rektorat, diskusi tersebut terpaksa dibatalkan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.