Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Spekulasi Merebak Seputar Kondisi Ibu Negara

Kompas.com - 22/10/2012, 08:00 WIB

Bak selebritas dunia,sosok Ri Sol Ju, istri sang penguasa belia negeri komunis Korea Utara, Kim Jong Un, selalu jadi sorotan media massa. Kehebohan tak hanya terjadi ketika untuk pertama kali dia muncul secara ”mendadak” beberapa waktu lalu. Ketika lebih dari sebulan terakhir sosok ibu negara Korut ini seolah tenggelam ditelan bumi, banyak media massa melontarkan sejumlah spekulasi.

Media massa itu terutama berasal dari negeri tetangga seteru, Korea Selatan, yang kerap ”melahap” perkembangan sekecil apa pun di negeri serba misteri itu.

Sebelumnya, sosok belia Jong Un diyakini ingin melakukan banyak perubahan, termasuk terkait ”kebiasaan buruk” mendiang sang ayah, Kim Jong Il. Semasa berkuasa, Jong Il dikenal memang tak pernah mau menampilkan sosok para perempuan pendampingnya. Tak terkecuali ibu kandung Jong Un, Ko Yong Hui.

Kemunculan Sol Ju dalam beberapa acara resmi kenegaraan dinilai banyak kalangan seolah menjadi semacam ”angin segar” adanya perubahan di negeri itu.

Lencana

Koran konservatif Korsel, JoongAng Ilbo, berspekulasi, ketidakmunculan Sol Ju karena perempuan cantik berusia 20 tahun itu mengenakan ”lencana berkabung” Kim Il Sung. Padahal, menurut situs berita China.org, lencana itu wajib dikenakan semua warga negara dewasa. Sol Ju disebut-sebut dilarang tampil di muka umum karena itu.

Spekulasi lain mengaitkan ketidakmunculan Sol Ju dengan kegemarannya yang lain, tampil glamour mengenakan pakaian dan tas tangan bermerek mahal buatan luar negeri.

Korea Utara selama ini disorot dunia. Tidak hanya karena ambisinya menguasai teknologi senjata pemusnah massal nuklir, tetapi juga karena ketidakbecusannya mengurus negara. Akibatnya, jutaan warga negara, terutama anak-anak, diyakini kelaparan dan terancam jiwanya. Semua karena pemerintah yang salah urus.

Mengandung

Spekulasi lain seputar Sol Ju, yang juga tak kalah menarik, dikaitkan dengan kemungkinan ibu negara itu mengandung anak dari Jong Un.

Seperti diwartakan beberapa media massa, bahkan di luar negeri, seperti The Dailymail dan The Telegraph, sejumlah kesaksian menyebut adanya perubahan penampilan fisik Sol Ju.

Beberapa media mengutip kesaksian salah seorang sumber, yang biasa mengurus penampilan rutin Sol Ju di media massa pemerintah, seperti Korean Central Television (KCTV) dan Rodong Shinmun.

”Setiap kali dia (Sol Ju) muncul di KCTV, seperti di rekaman 5 September lalu, banyak perempuan melihat dia sepertinya hamil, terutama dari tampilan perutnya yang membesar,” papar si sumber.

Penilaian sama juga muncul ketika Sol Ju berkunjung ke rumah pribadinya, blok apartemen bergaya modern di Changjon Street, Pyongyang. (DWA)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com