Kompas.com - 19/10/2012, 09:06 WIB
EditorReza Wahyudi

telegraph.co.uk Ilustrasi

KOMPAS.com - Perusahaan situs jejaring sosial Twitter, secara khusus memblokir akun dan kicauan yang berhubungan dengan kelompok radikal Neo-Nazi di Jerman. Ini adalah pertama kalinya Twitter memblokir akun dan menutup kicauan untuk suatu wilayah, sejak diumumkan awal 2012

"Akun dan semua kontennya telah diblokir untuk Jerman. Tapi konten tersebut masih bisa dilihat oleh pengguna Twitter di negara lain," kata juru bicara Twitter, Kamis (18/10/2012).

Juru bicara melanjutkan, Twitter diminta Kepolisian Kota Hanover, Jerman, untuk memblokir kicauan dari kelompok yang menyebut diri mereka sebagai Besseres Hanover (Hanover yang lebih baik).

Kepolisian menggeledah 20 rumah tersangka dari anggota kelompok. Pada 25 September, polisi melarang keberadaan kelompok ini dan meminta agar semua kegiatan dihentikan. Pasalnya, kelompok ini dinyatakan terlibat dalam aksi pembunuhan yang didasarkan atas rasialisme.

Presiden Kepolisian Hanover Axel Brockmann mengatakan dalam sebuah pernyataan, ia berjanji akan menghancurkan kelompok aktivis Neo-Nazi dan sayap kanan di manapun mereka berada.

"Ancaman ini telah berakhir," kata Uwe Schuenemann, Menteri Dalam Negeri Jerman untuk Lower Saxony, ketika mengumumkan pelarangan tersebut.

Twitter mengumumkan rencana untuk menyediakan layanan pemblokiran lokal pada awal 2012. Layanan ini memungkinkan Twitter memblokir atau menghapus konten atas permintaan dari pemerintah di suatu negara. Namun, konten yang dilarang ini tetap bisa dilihat oleh pengguna di negara yang tidak memblokirnya.

Twitter menyediakan layanan ini untuk menjaga keamanan di suatu negara, namun tetap mendukung kebebasan berekspresi, transparansi dan akuntabilitas di negara lainnya.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.