Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Turki dan Arab Saudi Kongkalikong dengan Al Qaeda

Kompas.com - 18/10/2012, 18:45 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Kementerian Luar Negeri Suriah menuding Turki dan Arab Saudi kongkalikong alias bekerja sama untuk tujuan jahat dengan mengirimakan seluruh anggota Al Qaeda ke Suriah. Tujuannya adalah membuat rusuh Suriah. "Kami sudah mengkonfirmasi informasi tersebut," kata pihak kementerian itu.

Tuduhan tersebut, tulis AP dan AFP pada Kamis (18/10/2012), termaktub dalam surat Kementerian Luar Negeri Suriah yang dikirimkan ke markas besar PBB. "Seluruh jaringan Al Qaeda ikut terlibat," tulis pihak Suriah.

Suriah juga sempat meminta kepada Dewan Keamanan PBB untuk memberantas secara serius pihak yang disebutnya sebagai para teroris. "Kami melihat indikasi, selain Arab Saudi dan Turki, negara Qatar juga terlibat mendukung masuknya kelompok teroris ke negara kami melalui perbatasan dengan Turki," kata pernyataan tersebut.

Sudah lama sebenarnya Suriah mengeluhkan adanya negara-negara di kawasan yang dianggap memanas-manasi krisis dengan memasok kelompok teroris dan persenjataan untuk pihak oposisi rezim Presiden Bashar al-Assad.


 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com