Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kali Ini, Obama yang Menang Debat

Kompas.com - 17/10/2012, 12:30 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com Penonton terbelah tentang siapa yang memenangi debat kedua calon presiden AS antara Presiden Barack Obama dan kandidat dari Partai Republik Mitt Romney, demikian menurut sebuah jajak pendapat nasional yang dirilis Selasa (16/10/2012) larut malam waktu AS, tak lama setelah debat usai.

Survei CNN/ORC International menunjukkan, 46 persen penonton debat mengatakan, Obama memenangi perdebatan. Sementara 39 persen mengatakan Romney yang bernasib lebih baik. Sampling error jajak pendapat itu plus-minus 4,5 basis poin.

Sebanyak 73 persen responden mengatakan, Obama telah melakukan debat lebih baik dari yang diperkirakan, sedangkan 37 persen mengatakan, Romney melakukan lebih dari yang diharapkan.

Hasil itu memberikan sebuah kontras jika dibanding dengan debat pertama pada 3 Oktober. Ketika itu 67 persen penonton debat mengatakan Romney yang menang dalam perdebatan, sedangkan 25 persen mengatakan Obama memenangi perdebatan.

Dalam debat kedua dari tiga debat yang akan digelar, Obama dan Romney saling berhadapan di Hofstra University di Hempstead, New York, Selasa. Kepala Koresponden Politik CNN, Candy Crowley, bertindak sebagai moderator.

Kedua kandidat saling menyerang dalam perdebatan selama 90 menit itu. Perdebatan berlangsung panas, ditandai sejumlah interupsi oleh kedua kandidat dan sejumlah serangan tajam yang mereka lontarkan terhadap lawannya.

Survei itu melibatkan 457 pemilih terdaftar yang menonton perdebatan itu. Mereka diwawancarai melalui telepon setelah debat digelar. Dirinci berdasarkan partai, 33 persen mengatakan, mereka orang Partai Republik dan 33 persen mengatakan mereka orang Demokrat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com