Kompas.com - 16/10/2012, 23:17 WIB
|
EditorRobert Adhi Ksp

AMSTERDAM, KOMPAS.com — Pencuri membobol museum di Amsterdam, Belanda, Selasa (16/10/2012), dan menggondol lukisan mahal karya Picasso, Monet, Gaugui, dan Matisse yang diduga bernilai ratusan juta euro.

Kantor berita AP mengutip polisi Belanda yang mengemukakan sejauh ini polisi belum bisa memastikan keberadaan para pencuri dan barang-barang mahal tadi. Namun, para ahli lukisan menegaskan, para pencuri ini jelas pakar dan tahu persis apa lukisan yang pantas digondol.

"Para pencuri tahu apa yang berharga," ujar Chris Marinelloi, ahli menyangkut barang-barang seni.

Museum Kunsthal merupakan satu yang terbesar di Belanda dalam menghimpun lukisan karya pelukis terkemuka di Eropa. Lukisan yang diambil adalah koleksi Triton Foundation yang pertama kali dipamerkan kepada publik.

Pameran ini berkenaan dengan peringatan 20 tahun museum ini.

Polisi yang menyelidiki rekaman kamera museum memperkirakan pencurian ini berlangsung pukul 3 pagi waktu setempat. Sejumlah saksi mata kini dipanggil untuk dimintai keterangan.

Nilai lukisan yang hilang ini diperkirakan mencapai ratusan juta euro jika dijual secara resmi di tempat pelelangan. Semua lukisan ini jelas tidak akan diperjualbelikan secara terbuka karena sudah dicatat sebagai barang curian. Para pencuri kini akan menggunakan lukisan ini untuk meminta tebusan kepada pemiliknya atau kepada museum dan perusahaan asuransi.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X