Kompas.com - 16/10/2012, 17:41 WIB
EditorErvan Hardoko

BRUSSELS, KOMPAS.com - Uni Eropa pada Selasa (16/10/2012) memutuskan untuk menjatuhkan sanksi atas industri minyak dan gas Iran. Selain itu, Uni Eropa juga memperketat sanksi terhadap perbankan negeri itu. Langkah ini aadalah upaya meningkatkan tekanan ekonomi terhadap Iran yang belum menghentikan program nuklirnya.

Sebanyak 30 perusahaan dan instritusi Iran masuk dalam daftar sanksi Uni Eropa. Ke-30 organisasi ini menjadi sasaran pembekuan aset mereka di Eropa. Beberapa perusahaan besar antara lain adalah Perusahaan Minyak Nasional Iran dan Perusahaan Tanker Nasional Iran.

Kedua perusahaan ini adalah elemen vital dari industri minyak Iran, yang selama ini menjadi sumber pendapatan utama negeri itu.

Peran perusahaan-perusahaan ini semakin penting dalam beberapa bulan terakhir setelah pemerintah di Eropa dan Amerika Serikat berupaya memangkas akses dana segar Iran. Larangan perusahaan Barat bertransaksi dengan Iran mengakibatkan negeri itu mengandalkan sepenuhnya kepada perusahaan-perusahaan lokal.

Meski mendapatkan sanksi baru, pemerintah Iran tetap yakin berbagai sanksi itu tidak akan mempengarhui kehidupan negeri itu.

Dan terkait program nuklirnya, Iran terus membantah bahwa negeri itu tengah membangun fasilitas militer. Sehingga Iran tidak akan menghentikan program nuklirnya kecuali dunia internasional mencabut seluruh sanksinya terhadap negeri itu.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.