Kompas.com - 16/10/2012, 09:43 WIB
EditorErvan Hardoko

BEIJING, KOMPAS.com — Siapa sangka daging panda enak dimakan, setidaknya manusia purba menganggap daging hewan berwajah lucu ini bisa dikonsumsi.

Kemungkinan manusia purba di China mengonsumsi daging diungkapkan oleh seorang ahli arkeologi, Wei Guangbiao. Dia yakin manusia purba yang tinggal di wilayah yang kini dikenal sebagai Chongqing adalah pemakan panda.

Kesimpulan ini diambil Wei setelah dia menemukan fosil panda yang kemungkinan besar mati karena dibunuh manusia.

"Di zaman purba, manusia tak akan membunuh hewan yang tak ada manfaatnya bagi mereka. Itu artinya, panda digunakan sebagai sumber makanan," kata Wei kepada harian The Chongqing Morning Post.

Pemerintah China menginvestasikan banyak uang untuk melakukan penelitian mendalam soal panda untuk memastikan kelestarian beruang berwarna hitam putih itu.

Jumlah panda di alam liar saat ini diperkirakan hanya 1.600 ekor dan terus menurun karena semakin kecilnya habitat tempat tinggal mereka.

Selain yang hidup liar, sekitar 300 ekor panda kini hidup di penangkaran, sebagian besar dalam program pengembangbiakan yang dilakukan di China.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.