Kompas.com - 16/10/2012, 06:50 WIB
EditorKistyarini

NEW YORK, KOMPAS.com — Pizza Hut terpaksa mengubah format lombanya yang menantang warga untuk menanyakan "sosis atau pepperoni" pada debat calon presiden AS yang digelar Selasa (16/10/2012).

Namun, setelah mendapat kritik dari berbagai kalangan, jaringan restoran itu mengubah kontes tersebut menjadi online, di mana peserta dipilih secara acak untuk mendapatkan pizza seumur hidup.

Pizza Hut menawarkan hadiah—satu loyang pizza setiap minggu selama 30 tahun atau cek senilai 15.600 dollar AS—bagi siapa pun yang bertanya kepada Presiden Barack Obama atau Mitt Romney soal topping favorit mereka dalam debat presiden.

Namun, berbagai blog dan media mengecamnya karena dianggap mencari keuntungan di tengah ajang pilpres.

Juru bicara Pizza Hut Doug Terfehr mengatakan, sebagian besar masukan yang diterima perusahaan itu bernada positif. Dikatakannya, memindahkan lomba itu secara online merupakan "kemajuan alami dari kampanye" setelah orang-orang menyambut ide itu dan "berharap bisa berpartisipasi".

Dikatakannya, Pizza Hut tetap akan memberi hadiah bagi yang menanyakan hal itu dalam debat tersebut, tetapi tetap mendorong warga untuk memilih berpartisipasi dalam versi online. Dalam lomba versi online itu, peserta diminta memasukkan alamat e-mail dan kode pos yang berlaku.

Ini bukan satu-satunya kontes yang digelar untuk "memeriahkan" pelaksanaan pilpres AS, menurut USA Today. Maskapai JetBlue, misalnya, membagikan tiket gratis kepada pemilih yang kandidat pilihannya kalah. Sementara itu, eBay melelang boneka Obama dan Romney.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.