Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

NATO Berkomitmen Latih Pasukan Afganistan

Kompas.com - 15/10/2012, 18:18 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) berkomitmen untuk tetap melanjutkan misi di Afganistan pascapenarikan total seluruh pasukan asing dari negeri itu. Misi tersebut, kata Juru Bicara Perwakilan Sipil NATO Dominic Medley di Kabul berbentuk pelatihan, pendampingan, dan bantuan bagi Pasukan Keamanan Nasional Afganistan (ANSF).

Sebelumnya, dalam pertemuan para menteri pertahanan NATO di Brussels, Belgia, tulis AP dan AFP pada Senin (15/10/2012), dicapai kesepakatan untuk memperluas kerangka politik pada misi di Afganistan tersebut. "Penerapan kerangka itu bisa dimulai pada 2015," kata pernyataan NATO.

Sampai kini, pasukan NATO dan Afganistan terus meningkatkan pengamanan di seluru negeri. Kelak, tanggung jawab keamanan itu ada di pundak ANSF.

Sekarang, sudah 50 negara menyumbang 100.000 tentara bertugas di Afganistan. Dari jumlah itu, 68.000 di antaranya adalah tentara AS yang bertugas di timur dan selatan Afganistan. Lalu, masih dari jumlah tersebut, 9.500 militer Inggris bertugas di kawasan selatan Afganistan.

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com