Kompas.com - 15/10/2012, 11:40 WIB
EditorEgidius Patnistik

HOUSTON, KOMPAS.com Atlet ekstrem dan penerjun Austria, Felix Baumgartner, mencatat rekor terjun bebas dari kapsul pada ketinggian 38.400 meter di atas Roswell, New Mexico, AS, Minggu (14/10/2012). Ia menjadi penerjun bebas pertama yang menembus kecepatan suara.

Mantan anggota pasukan payung militer yang berusia 43 tahun itu mengangkat tangan tanda kemenangan, setelah mendarat di gurun bagian timur New Mexico, beberapa menit setelah terjun dari stratosfer. Ia lepas landas di dalam kapsul bertekanan yang diangkut sebuah balon helium sangat tipis 55 lapis dalam perjalanan lebih dari dua jam menuju stratosfer. Lalu ia terjun ke ruang yang nyaris tanpa oksigen untuk memulai penerjunan bebas tercepat dan terjauh dari balon berpenumpang dari posisi paling tinggi yang pernah ada.

Upayanya sempat dua kali ditangguhkan pekan lalu karena angin kencang. Baumgartner nyaris melakukan penerjunan pada Selasa lalu, tetapi peluncuran dibatalkan pada saat-saat terakhir, sewaktu ia berada di dalam kapsul menanti balon helium raksasanya selesai dipompa. Embusan angin kencang menjatuhkan balon tersebut.

Aksi itu disiarkan secara langsung di internet melalui hampir 30 kamera di dalam kapsul, darat, dan sebuah helikopter. Setelah penundaan akibat cuaca selama beberapa jam pada Minggu pagi, balon itu akhirnya mengudara dari tempat peluncuran pada pukul 09.20 waktu setempat. Baumgartner berada di dalam kapsul yang menggantung di bawah balon tersebut.

Tak lama setelah peluncuran, layar di pemantauan misi itu memperlihatkan kapsul tersebut saat balon itu naik setinggi 3.000 meter, jauh di atas gurun New Mexico. Sementara itu, kerumunan orang yang menyaksikan memberi semangat di darat.

Baumgartner, yang dijuluki "Felix Tanpa Rasa Takut", berencana terjun dari ketinggian 35.052 meter dalam waktu kurang dari lima menit. Lalu ia membuka parasut untuk mengakhiri penerjunan dari ketinggian 1.524 meter dari permukaan Bumi.

Rekor sebelumnya untuk penerjunan semacam itu tercatat atas nama Joe Kittinger, yang pada 1960 terjun dari ketinggian 31.333 meter sebagai bagian dari misi Angkatan Udara AS.

Baumgartner, yang telah mempersiapkan penerjunan itu selama lima tahun, membuat dua percobaan dari wilayah Roswell, satu pada Maret dan satu lagi pada Juli lalu.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.