Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PM Gillard Diam-diam Kunjungi Afganistan

Kompas.com - 15/10/2012, 10:37 WIB

KABUL, KOMPAS.com - Perdana Menteri Australia Julia Gillard melakukan kunjungan diam-diam ke Afganistan untuk meminta jaminan dari sejawatnya, Presiden Hamid Karzai, bahwa semua upaya untuk mencegah terulangnya kasus 'serangan orang dalam' akan ditempuh.

PM Gillard bertemu Presiden Karzai hari Minggu (14/10) di Kabul dan kemudian menemui pasukan Australia dalam sebuah acara barbecue di pangkalan mereka di Tarin Kowt.

Kunjungan ini merupakan bentuk keprihatinan atas terjadinya rangkaian aksi yang dijuluki 'serangan hijau terhadap biru' yang dilakukan aparat militer berseragam Afganistan dengan sasaran sejawatnya sendiri, tentara sekutu internasional yang ditugaskan ke negeri penuh konflik itu.

NATO belum berhasil meredakan aksi semacam ini dimana beberapa bulan terakhir serangan makin sering terjadi.

"Saya sampaikan pada Presiden Karzai kekhawatiran kita tentang serangan orang dalam ini dan saya minta jaminan apa pun yang bisa dilakukan akan dilakukan," kata PM Gillard kepada wartawan.

"Beliau mengatakan beberapa langkah yang telah diambil oleh tentara Afganistan terkait hal ini. Saya juga membicarakan hal yang sama dengan Gubernur Provinsi Uruzgan dimana para tentara kita bertugas."

Pada tanggal 30 Agustus lalu, pasukan Australia mengalami hari terburuknya dalam sejarah peperangan sejak Perang Vietnam dimana lima tentara tewas akibat serangan dalam dua insiden terpisah di Afganistan.

Termasuk dalam kejadian itu adalah tewasnya tiga tentara akibat 'serangan orang dalam' yang dilakukan seorang prajurit Afganistan. Akibatnya sejak diterjunkan ke negeri itu, sudah 38 nyawa tentara Australia hilang dalam konflik setempat.

Menurut kantor berita AFP, Australia mulai mengirim pasukan ke Afganistan sejak 2001 dan telah mengumumkan tahun ini akan segera menarik pasukan dari sana tahun depan, lebih awal dari rencana semula karena dianggap telah banyak boleh kemajuan dalam menegakkan keamanan di negeri itu.

PM Gillard mengunjungi Afganistan setelah sebelumnya hadir dalam upacara peringatan tragedi Bom Bali di Indonesia, yang pada tahun 2002 menelan korban 88 jiwa warganya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com