Kompas.com - 14/10/2012, 21:57 WIB
|
EditorAgus Mulyadi

SANTIAGO, KOMPAS.com - Pemain tim rugby Uruguay yang selamat dari kecelakaan pesawat di Pegunungan Andes, Amerika Selatan, memperingati 40 tahun kisah mereka dengan bermain rugby di Santiago, Chile.

Mereka bisa bertahan hidup selama 72 hari di atas ketinggi 4.000 meter dengan temparatur minus 20 derajat celcius, dengan memakan daging dari teman-teman mereka sendiri yang sudah tewas.

Tim rugby Old Christians Club, hari Sabtu bermain kembali dengan melawan Old Granonian Club, bekas grup rugby Cile yang seharusnya menjadi lawan mereka pada 40 tahun lalu, seandainya tidak terjadi musibah kecelakaan itu.

Pesawat Fokker 27 yang membawa mereka menghantam Pegunungan Andes, membuat sebagian besar dari anggota tim dan keluarganya tewas.

Peristiwa terjadi pada Oktober 1972, saat pesawat dengan 45 penumpang ini terbang dari Montevideo, Uruguay, ke Santiago, Cile,

Sebanyak 16 penumpang selamat, setelah memakan daging teman dan keluarganya yang tewas dalam musibah itu. Para korban tewas ini masih bisa dimakan, karena daging mereka tetap segar disimpan dalam salju dengan temperatur minus 20 derajat celcius.

Kisah 16 penumpang yang bertahan hidup selama 72 hari di atas ketinggian pegunungan Andes itu, kemudian dibukukan dan menjadi salah satu yang terlaris di dunia. Kisah dari buku ini kemudian difilmkan di Hollywood dengan judul Survive.

Peringatan 40 tahun ini selain ditandai dengan permainan rugby yang tertunda selama 40 tahun, juga menerbangkan timyang selamat melintasi lokasi gunung tempat sempat menderita selama 72 hari. Mereka diterbangkan dengan dengan pesawat militer.

"Kondisinya begitu menakutkan. Lebih dari yang anda bayangkan. Bagaimana hidup di ketinggian 4.000 meter tanpa makanan," ujar Eduardo Strauch (65).

Satu-satunya alasan dia untuk tetap hidup saat itu yakni keinginan untuk bisa kembali ke rumah. "Dan mereka (yang sudah mati) berkorban demi kami," ujarnya.

Para korban yang selamat hidup dari musibah 40 tahun itu, kini berusia antara 59 tahun sampai 65 tahun. Ketika musibah terjadi mereka adalah pemain rugby professional dengan usia sekitar 20-an tahun.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.