Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Serangan Bersenjata di Nigeria Tewaskan 20 Orang

Kompas.com - 14/10/2012, 20:24 WIB

Sekelompok pria bersenjata di Nigeria melepas tembakan ke kerumunan orang yang selesai menunaikan ibadah di masjid dan menewaskan sedikitnya 20 orang.

Pihak berwenang mengatakan serangan tersebut terjadi di kampung Dogo Dawa di negara bagian Kaduna, Nigeria utara, Minggu (14/10/2012).

Laporan-laporan yang mengutip saksi mata mengatakan para penyerang menyerbu kampung sambil melepas tembakan maupun menikam setiap orang yang terlihat.

Belum ada pihak yang mengaku bertanggung jawab atas serangan tersebut namun Kaduna saat ini sedang menghadapi pergolakan yang dilancarkan oleh kelompok radikal Islam, Boko Haram.

Kelompok itu biasanya menyerang aparat keamanan dan pemerintah maupun gereja namun juga pernah melakukan serangan atas ulama maupun masjid, yang dinilai tidak sejalan dengan syariat Islam yang mereka anut.

Teror bersenjata

Bagaimanapun pemimpin tradisional Kaduna, Abdulahi Muhammad, mengatakan kemungkinan besar serangan dilakukan oleh kelompok penjahat setempat.

"Kami menduga itu adalah serangan balasan dari kelompok bersenjata yang kehilangan anggotanya setelah tembak menembak yang terjadi belum lama ini antara penduduk kampung dengan kelompok yang bersiaga," tuturnya kepada kantor berita Reuters.

"Kampung itu diteror oleh satu kelompok bersenjata yang beroperasi dari pangkalannya di dalam hutan. Pria bersenjata itu biasanya menyerang penduduk kampung dan pengendara lalu lintas di sepanjang jalan bebas hambatan dari Kaduna ke Lagos," tambahnya.

Pihak kepolisian -yang mengukuhkan terjadinya serangan- belum bisa memastikan jumlah korban jiwa maupun yang luka akibat tembakan serampangan itu.

Pergolakan yang terjadi di kawasan Nigeria utara dan masuknya senjata dari wilayah tetangga telah meningkatkan kekerasan di kawasan itu.

Selain kekerasan yang dilancarkan kelompok Boko Haram, juga sering terjadi perampokan bersenjata maupun pertengkaran yang berakhir dengan tembak menembak yang menyebabkan jatuhnya korban jiwa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com