Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kerap Berduaan, Pasangan Tunawisma Ini Dinikahkan

Kompas.com - 12/10/2012, 21:08 WIB

TASIKMALAYA, KOMPAS.com - Satu pasangan berlainan jenis kelamin tidak memiliki tempat tinggal atau tunawisma dinikahkan secara gratis melalui program bantuan dari Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertran) Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Jumat (12/10/2012).    

"Banyak laporan dari masyarakat yang merasa resah dengan keberadaan mereka, makanya kami menikahkan mereka berdua dengan biaya ditanggung oleh Pemkot," kata Kepala Bidang Rehabilitasi dan Pemberdayaan Sosial, Dinsosnakertrans, Kota Tasikmalaya, Elis Sukmala.

Pasangan tunawisma itu dinikahkan setelah adanya laporan dari masyarakat yang merasa resah karena sering melihat berduaan di tempat pusat keramaian kota.

Pasangan tunawisma tersebut Lili Rohili (33) yang berprofesi sebagai penarik becak asal warga Kota Banjar dan pengantin wanitanya Santi (19) warga Kabupaten Ciamis yang menjalani prosesi pernikahan di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Tawang.

"Mereka sudah berpacaran lama, dan berpacarannya di tempat umum, agar tidak meresahkan masyarakat, kami nikahkan saja," katanya.

Selain menikahkan secara gratis, Dinsosnakertrans juga memberikan bantuan sewa rumah sebagai tempat tinggalnya untuk menjalani hidup rumah tangga.

Bahkan, pasangan yang sudah bersuami istri itu rencananya akan diberi bantuan alat-alat rumah tangga yang dananya dari hasil iuran para Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Dinsosnakertran.

"Kami beri sewaan tempat tinggal, sedangkan bantuan alat-alat rumah tangga dari hasil iuran kami, karena anggaran untuk itu dinas kami terbatas," katanya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com