Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Radio Norwegia: Uni Eropa Raih Nobel Perdamaian

Kompas.com - 12/10/2012, 16:02 WIB

OSLO, KOMPAS.com - Uni Eropa akan memenangi Anugerah Nobel Perdamaian 2012, kata NRK, menurut radio nasional Norwegia di Oslo, Jumat (12/10/2012).

Penghargaan itu akan diberikan di Oslo pada 10 Desember mendatang. Keputusan itu diambil dengan suara bulat oleh panel beranggotakan lima orang yang dipimpin Sekretaris Umum Dewan Eropa Thorbjoern Jagland.

"Kami mendapat konfirmasi dari orang-orang yang kami percaya yang mengatakan bahwa tahun ini Uni Eropa akan dianugerahi penghargaan tersebut," kata NRK, satu jam sebelum pengumuman resmi oleh Komite Nobel pada pukul 09.00 GMT.

Belum ada komentar dari Komite Nobel dan delegasi Uni Eropa di Norwegia.

Menurut NRK, penghargaan itu diberikan pada NRK karena badan yang menaungi 27 negara itu berhasil menjaga stabilitas dan perdamaian dari krisis zona euro.

Norwegia, yang menjadi tuan rumah Anugerah Nobel Perdamaian, bukan anggota Uni Eropa, dan tiga per empat penduduknya menolak negara itu bergabung, menurut jajak pendapat terakhir.

Media-media Norwegia sudah biasa "membocorkan" pemenang Hadiah Nobel sebelum pengumuman resmi dari penyelenggara. Tahun lalu, televisi pesaing NRK, TV2, melaporkan bahwa Presiden Liberia Ellen Johnson Sirleaf menjadi calon terkuat penerima Hadiah Nobel Perdamaian. Laporan tersebut ternyata benar, dan Sirleaf berbagi dengan dua perempuan lainnya. Sebaliknya, NRK pernah melaporkan calon kuat pemenang, yang ternyata tidak menang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com