Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Festival Makan Kucing di Peru

Kompas.com - 12/10/2012, 15:39 WIB

LIMA, KOMPAS.com — Setiap bulan September, di kota La Quebrada, Peru, digelar festival besar untuk menghormati Santa Efigenia, perempuan suci yang diyakini sebagai pelindung warga Peru keturunan para budak Afrika.

Namun, dalam perayaan ini ada bagian yang mungkin membuat sebagian orang mengernyitkan dahi. Dalam festival tahunan ini juga digelar La Festival Gastronomico del Gato atau yang dalam bahasa sederhananya adalah festival makan daging kucing.

Acara yang tak lazim ini dilakukan untuk mengenang masa-masa saat para penduduk awal Peru harus berjuang untuk sekadar mendapatkan makanan sehingga tak jarang mereka harus menyantap daging kucing.

Menurut laporan BBC, puluhan kucing dipelihara secara khusus demi festival tahunan ini. Apa saja menu festival ini? Mulai dari daging kucing rebus bumbu pedas hingga daging kucing bakar bumbu rempah.

Dan, menurut yang pernah mencicipinya, rasa daging kucing tak berbeda dengan daging kelinci. Bahkan, menurut warga Peru, daging kucing bisa menyembuhkan bronkitis dan bisa meningkatkan kesuburan manusia.

Namun, bagi sebagian besar orang di dunia, kebiasaan ini sangat tak lazim. Sementara bagi para pencinta binatang, kegiatan ini bisa dikategorikan sebagai kekejaman terhadap hewan.

Bahkan organisasi pejuang hak-hak hewan pernah memprotes acara ini. Namun, protes itu tak berarti apa-apa dan festival terus berlanjut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com