Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Majalah Anak-anak Ulas Cara Bikin Bom Molotov

Kompas.com - 11/10/2012, 08:18 WIB

TUNIS, KOMPAS.com — Majalah anak-anak sering menampilkan cara membuat berbagai macam pekerjaan tangan. Namun, majalah anak-anak Tunisia yang satu ini berbeda, mereka menyajikan artikel mengenai bagaimana membuat bom molotov.

Edisi terbaru majalah Qaws Quzan, yang dalam bahasa Arab berarti pelangi, menampilkan artikel tentang sejarah bom molotov. Tak hanya sejarahnya, artikel rubrik ”Pojok Pengetahuan” itu juga dilengkapi dengan cara pembuatan dan diagram bom molotov.

”Ini merupakan senjata ampuh dan sering digunakan dalam kerusuhan serta sabotase karena sangat mudah dibuat dan digunakan,” demikian antara lain isi artikel tersebut.

Majalah itu selama puluhan tahun dibaca oleh anak-anak lelaki dan perempuan di Tunisia yang berusia antara 5 dan 15 tahun. Majalah itu tidak memiliki orientasi politik tertentu. Namun, artikel itu sangat menyentak di negara yang sempat rusuh dan memicu gerakan Arab Spring.

Kementerian Wanita dan Keluarga menyatakan, artikel tersebut telah merasuki dan membahayakan pikiran anak-anak dengan kekerasan dan terorisme. Kementerian itu menyatakan akan menyelidiki dan menuntut penerbit serta semua pihak yang terlibat dalam penerbitan edisi tersebut. Sementara itu, hakim akan memutuskan tuduhan apa yang akan dijatuhkan kepada majalah anak-anak itu. Gawat deh.... (Reuters/Joe)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com