12 Tewas di Thailand Selatan

Kompas.com - 10/10/2012, 03:14 WIB
Editor

BANGKOK, SELASA - Sedikitnya 12 warga sipil tewas dalam sejumlah aksi penyerangan bersenjata di beberapa lokasi di Thailand selatan. Lokasi yang bergejolak itu antara lain Pattani, Narathiwat, Yala, dan sebelah selatan Songkhla.

Menurut aparat kepolisian Thailand, Selasa (9/10), serangan mematikan itu diduga dilakukan oleh anggota kelompok perlawanan.

Situs harian Bangkok Post memberitakan, insiden terbaru terjadi pada Selasa pagi di kawasan perkebunan karet distrik Khok Pho, Pattani. Sepasang suami istri penyadap getah karet berusia 60 tahun tewas setelah disergap dan ditembak dengan senapan AK47 dan pistol kaliber 11 milimeter.

Sehari sebelumnya, sepasang suami istri lain juga tewas dalam serangan serupa. Pasangan muda itu tewas saat mengendarai sepeda motor dan melewati kantor Dana Bantuan Penanaman Kembali Karet. Pelaku langsung kabur setelah korbannya jatuh.

Sementara itu, di Distrik Yaring, Pattani, Senin sore, juga terjadi serangan bersenjata mematikan. Korban adalah tiga sukarelawan pertahanan. Ketiga korban tewas tertembak di Jalan Ban Muang Wan saat menghentikan mobil mereka dan berbincang di tepi jalan ketika sebuah mobil bak terbuka meluncur mendekati mereka.

Dua orang bersenjata yang berada di bak terbuka langsung memberondong para korban. Belakangan, aparat menemukan sekitar 100 selongsong peluru bertebaran di sekitar lokasi.

Saksi mata mengatakan, para pelaku sempat berhenti untuk mengambil masing-masing sepucuk senapan M16 dan AKA serta dua pucuk pistol yang ada di dalam mobil korban.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pada hari yang sama, dua pria juga tewas dalam sebuah serangan di Provinsi Yala. Di Provinsi Songkhla, dua pedagang sayuran juga tewas tertembak. Satu orang lagi tewas ditembak di distrik Cho-Airong, Narathiwat, Selasa.

Kawasan Songkhla selama ini dikenal relatif aman dari sejumlah serangan bersenjata kelompok perlawanan. Akan tetapi, sejak bulan April 2012, sedikitnya 15 orang tewas akibat serangkaian serangan bom mobil.

Tuntut otonomi

Halaman:


Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.