Kompas.com - 09/10/2012, 22:40 WIB
|
EditorAgus Mulyadi

TAIPEI, KOMPAS.com - Taiwan meminta Apple Inc untuk mengaburkan tampilan gambar peta Taiwan, terutama berkaitan dengan tampilan stasiun radar peringatan dini Taiwan bernilai 1,4 miliar dollar AS.

Stasiun radar itu bisa mendeteksi kedatangan pesawat tempur dan rudal dari jauh, termasuk dari wilayah di barat China daratan.

Jurubicara Kementerian Pertahanan Taiwan, David Lo, Selasa (9/10/2012) ini, sebagaimana dilaporkan kantor berita AP, menyebutkan, pihaknya sudah meminta Apple yang kemungkinan akan mengikuti saingannya Google, untuk menggunakan gambar satelit resolusi rendah, terutama yang menunjukkan fasilitas penting dan sensitif di Taiwan.

David juga mengakui, militer Taiwan juga akan berupaya untuk melakukan tiindakan kamuflase untuk menyamarkan stasiun radar dan pusat militer yang penting.

Instalasi radar setinggi 10 lantai, dibangun dengan teknologi Amerika Serikat, diharapkan akan mulai beroperasi pada akhir tahun ini. Lokasi radar canggih ini dekat pangkalan Udara Hsinchu di Taiwan Utara.

Gambar satelit yang bisa dilihat melalui iPhones diyakini diambil satu tahun lalu, memperlihatkan lokasi radar canggih ini. Media lokal melaporkan instalasi itu bisa memantau target, mengetahui kecepatan mereka, dan menembakkan rudak untuk menghancurkannya.

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.