Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Taiwan Minta "Apple" Mengaburkan Gambar Satelit

Kompas.com - 09/10/2012, 22:40 WIB
Pieter P Gero

Penulis

TAIPEI, KOMPAS.com - Taiwan meminta Apple Inc untuk mengaburkan tampilan gambar peta Taiwan, terutama berkaitan dengan tampilan stasiun radar peringatan dini Taiwan bernilai 1,4 miliar dollar AS.

Stasiun radar itu bisa mendeteksi kedatangan pesawat tempur dan rudal dari jauh, termasuk dari wilayah di barat China daratan.

Jurubicara Kementerian Pertahanan Taiwan, David Lo, Selasa (9/10/2012) ini, sebagaimana dilaporkan kantor berita AP, menyebutkan, pihaknya sudah meminta Apple yang kemungkinan akan mengikuti saingannya Google, untuk menggunakan gambar satelit resolusi rendah, terutama yang menunjukkan fasilitas penting dan sensitif di Taiwan.

David juga mengakui, militer Taiwan juga akan berupaya untuk melakukan tiindakan kamuflase untuk menyamarkan stasiun radar dan pusat militer yang penting.

Instalasi radar setinggi 10 lantai, dibangun dengan teknologi Amerika Serikat, diharapkan akan mulai beroperasi pada akhir tahun ini. Lokasi radar canggih ini dekat pangkalan Udara Hsinchu di Taiwan Utara.

Gambar satelit yang bisa dilihat melalui iPhones diyakini diambil satu tahun lalu, memperlihatkan lokasi radar canggih ini. Media lokal melaporkan instalasi itu bisa memantau target, mengetahui kecepatan mereka, dan menembakkan rudak untuk menghancurkannya.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com