Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komunitas Internasional Tetap Dukung Afganistan

Kompas.com - 09/10/2012, 19:23 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com — Komunitas internasional tetap mendukung Afganistan pasca-tuntasnya penarikan pasukan Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) di akhir 2014. Jaminan itu diungkapkan oleh utusan PBB untuk Afganistan, Jan Kubis, di Kabul.

Kepada media sebagaimana warta AP dan AFP pada Selasa (9/10/2012), Kubis mengatakan kalau komunitas internasional akan melakukan berbagai cara tetap mendukung Afganistan. "Boleh jadi, tantangan bagi Afganistan makin berat dan beragam," katanya.

Sebelumnya, Grup Krisis Internasional (ICG) mengatakan Pemerintah Afganistan bakal ambruk pasca-penarikan 100.000 pasukan asing di akhir 2014 itu. Organisasi yang berpusat di Brussels itu mengatakan pemilihan umum pada 2014 di Afganistan bakal dipenuhi kondisi bahaya. 

Sementara itu, dalam konferensi internasional tentang Afganistan di Jepang pada Juli lalu, donor internasional menyiapkan dana 16 miliar dollar AS untuk pembangunan Afganistan hingga 2015. AS dan sekutunya juga berjanji tetap membantu militer dan polisi Afganistan menjaga keamanan negara itu sesudah seluruh pasukan asing ditarik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com