Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Remaja Aktivis Hak Anak Pakistan Ditembak

Kompas.com - 09/10/2012, 16:33 WIB

PESHAWAR, KOMPAS.com - Orang-orang bersenjata menembak seorang remaja Pakistan yang dikenal sebagai aktivis hak anak di Provinsi Swat, Selasa (9/10/2012). Remaja 14 tahun itu ditembak ketika hendak masuk bus sekolah di wilayah yang pernah menjadi wilayah kekuasaan Taliban itu.

Malala Yousafzai mendapat penghargaan internasional setelah mengungkap kekejaman Taliban di Swat melalui blog di BBC.

Dia menerima penghargaan nasional pertamanya dari pemerintah Pakistan tahun lalu. Yousafzai kemudian masuk nominasi untuk penghargaan International Children's Peace Prize dari kelompok advokasi KidsRight Foundation pada 2011.

"Malala baru mau masuk ke bus sekolah ketika dua orang bersenjata menembaknya. Dia terluka, juga seorang temannya," kata Rasool Shah, polisi setempat.

Kementerian informasi provinsi Mian Iftikhar Hussain membenarkan peristiwa yang terjadi di Mingora, kota terbesar di Provinsi Swat. Hussain menuduh kelompok teroris yang bertanggung jawab atas serangan itu.

Yousafzai terkena tembakan di dahi dan akan dibawa ke Peshawar untuk mendapat perawatan lebih lanjut, meskipun kondisinya stabil, kata dokter Taj Mohammed di Saidu Sharif Medical Complex di Mingora.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com