Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jumlah Warga Kelaparan di Dunia Menurun

Kompas.com - 09/10/2012, 16:30 WIB
Simon Saragih

Penulis

ROMA, KOMPAS.com Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO) pada hari Selasa (9/10/2012) di Roma, Italia, mengatakan, jumlah warga dunia yang kelaparan turun menjadi 870 juta jiwa.

Akan tetapi, FAO menyimpulkan, penurunan jumlah penduduk kelaparan itu tidak memuaskan. Satu dari delapan warga dunia masih kelaparan.

Pada zaman dengan kesempatan ekonomi meluas ini, angka kelaparan masih memprihatinkan. "Dari jumlah warga dunia yang kelaparan, sebanyak 100 juta adalah anak balita yang kekurangan berat badan," kata Ketua FAO Jose Graziano da Silva.

Namun, angka kelaparan turun dari 925 juta jiwa pada tahun 2010. Angka ini juga jauh di bawah satu miliar jiwa yang tercatat pada tahun 2009.

Mayoritas warga kelaparan tinggal di Asia Selatan dan Asia Timur,  serta subsahara Afrika.

Penurunan jumlah warga kelaparan di Asia turun menjadi 176 juta selama periode 2010-2012 dibandingkan dengan 261 juta jiwa selama periode 1990-1992.

Selama periode yang sama, jumlah warga kelaparan di subsahara Afrika turun dari 234 juta jiwa menjadi 170 juta jiwa.

Da Silva mengingatkan program penurunan jumlah kelarapan dunia rawan seiring dengan krisis ekonomi global dipicu kelesuan ekonomi di Eropa, AS, dan Jepang. (AFP)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com