Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korut Klaim Rudalnya Bisa Jangkau Daratan AS

Kompas.com - 09/10/2012, 09:46 WIB

SEOUL, KOMPAS.com — Korea Utara (Korut), Selasa (9/10/2012), mengatakan, pihaknya kini punya "roket strategis" yang mampu menyerang daratan AS. Klaim itu muncul sebagai tanggapan atas kesepakatan baru AS-Korea Selatan (Korsel) untuk memperluas jangkauan sistem rudal Korsel.

Dalam satu rangkaian buletin yang dirilis kantor berita resmi Korut, KCNA, juru bicara Komisi Pertahanan Nasional negara itu juga mengatakan bahwa Pyongyang siap untuk menandingi musuh mana pun, "nuklir dengan nuklir, rudal dengan rudal".

Peringatan itu dikeluarkan dua hari setelah Korsel mengumumkan sebuah perjanjian dengan Amerika Serikat perihal peningkatan hampir tiga kali lipat jangkauan rudal Korsel sehingga bisa meliputi seluruh wilayah Korut. "Kami tidak menyembunyikan fakta bahwa revolusi militer (Korut), termasuk kekuatan roket strategis, telah menempatkan tidak hanya pasukan musuh Korsel dan pasukan AS di Semenanjung Korea, tetapi juga Jepang, Guam, dan bahkan daratan AS dalam jangkauan target," kata juru bicara itu.

Korut diketahui punya rudal balistik antarbenua yang sedang dalam pengembangan, Taepodong-2,  tetapi senjata itu belum pernah sukses diuji coba. Pada April lalu, Korut melakukan peluncuran roket yang gagal, yang dikatakan sebagai sebuah upaya untuk menempatkan satelit ke orbit.

PBB dan AS mengecam peluncuran karena dilihat sebagai uji coba terselubung sebuah rudal balistik. Menurut kedua pihak tersebut, roket itu merupakan varian tahap tiga dari Taepodong-2.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com