Kompas.com - 09/10/2012, 09:46 WIB
EditorEgidius Patnistik

SEOUL, KOMPAS.com — Korea Utara (Korut), Selasa (9/10/2012), mengatakan, pihaknya kini punya "roket strategis" yang mampu menyerang daratan AS. Klaim itu muncul sebagai tanggapan atas kesepakatan baru AS-Korea Selatan (Korsel) untuk memperluas jangkauan sistem rudal Korsel.

Dalam satu rangkaian buletin yang dirilis kantor berita resmi Korut, KCNA, juru bicara Komisi Pertahanan Nasional negara itu juga mengatakan bahwa Pyongyang siap untuk menandingi musuh mana pun, "nuklir dengan nuklir, rudal dengan rudal".

Peringatan itu dikeluarkan dua hari setelah Korsel mengumumkan sebuah perjanjian dengan Amerika Serikat perihal peningkatan hampir tiga kali lipat jangkauan rudal Korsel sehingga bisa meliputi seluruh wilayah Korut. "Kami tidak menyembunyikan fakta bahwa revolusi militer (Korut), termasuk kekuatan roket strategis, telah menempatkan tidak hanya pasukan musuh Korsel dan pasukan AS di Semenanjung Korea, tetapi juga Jepang, Guam, dan bahkan daratan AS dalam jangkauan target," kata juru bicara itu.

Korut diketahui punya rudal balistik antarbenua yang sedang dalam pengembangan, Taepodong-2,  tetapi senjata itu belum pernah sukses diuji coba. Pada April lalu, Korut melakukan peluncuran roket yang gagal, yang dikatakan sebagai sebuah upaya untuk menempatkan satelit ke orbit.

PBB dan AS mengecam peluncuran karena dilihat sebagai uji coba terselubung sebuah rudal balistik. Menurut kedua pihak tersebut, roket itu merupakan varian tahap tiga dari Taepodong-2.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X