Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/10/2012, 09:39 WIB

KOMPAS.com — Wabah penyakit meningitis atau radang selaput otak yang disebabkan oleh jamur kini terus meluas di Amerika Serikat. Badan pencegahan dan pengendalian penyakit AS (CDC) melaporkan, saat ini terdapat 91 kasus di sembilan negara bagian dan penyakit itu telah menewaskan tujuh orang.

Meningitis adalah peradangan yang terjadi pada selaput yang melindungi otak dan saraf tunjang. Penyebabnya bisa karena virus, bakteri, atau jamur.

Di AS, wabah meningitis tidak menular antarmanusia karena bersumber dari jamur yang mengontaminasi suntikan steroid yang dipakai untuk pereda nyeri, terutama nyeri punggung.

Menurut pejabat kesehatan yang berwenang, suntikan steroid itu sendiri telah digunakan kepada ribuan pasien. Mayoritas pasien yang terinfeksi meningitis berasal dari Tennessee. Sebagian besar pasien mendapatkan suntikan steroid di sebuah klinik.

Perusahaan farmasi yang memproduksi suntikan steroid tersebut, New England Compounding Center Inc, di Framingham, Massachusetts, dilaporkan telah mengirimkan lebih dari 17.676 botol suntikan ke 23 negara bagian.

Perusahaan tersebut kini menghentikan operasinya selama proses investigasi berlangsung dan telah menarik obat-obatan produksinya. Para dokter dan petugas kesehatan juga telah diperingatkan oleh CDC untuk tidak menggunakan produk dari perusahaan farmasi tersebut.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com