Kompas.com - 07/10/2012, 08:00 WIB
EditorKistyarini

JERUSALEM, KOMPAS.com - Angkatan Udara Israel menembak jatuh sebuah pesawat tak berawak (drone), Sabtu (6/10/2012), setelah pesawat yang tidak bersenjata dan tidak beridentitas itu memasuki wilayah negara itu dari arah Laut Mediterania, kata juru bicara militer.

"Pesawat tanpa awak itu diidentifikasi memasuki wilayah udara Israel pagi ini, dan dicegat oleh IAF (AU Israel) sekitar pukul 10.00 pagi," juru bicara militer itu mengatakan.

Aparat militer Israel kemudian menyusuri area sekitar jatuhnya pesawat itu, yakni di sebuah area di Neveg uara, untuk mengidentifikasi pesawat tersebut. Menurut radio militer Israel, pesawat itu tidak membawa bahan peledak.

Mengutip juru bicara militer yang mengatakan tentaranya yang bertanggung jawab untuk pengawasan "melakukan yang seharusnya mereka lakukan setelah mendeteksi kehadiran pesawat tanpak awak itu di wilayah udara Israel."

Juru bicara militer Letnal Kolonel Avital Leibovich kemudian mengatakan, "Pesawat tak berawak ini diketahui berada di atas Mediterania di sektor dkea Jalur Gaza sebelum memasuki wilayah udara Israel, dan kemudian diburu oleh angkatan udara."

"Pesawat itu dikuntit sejak awal sampai diputuskan untuk mencegatnya dan menembaknya untuk alasan operasional di atas Hutan Yatir di Negev utara, sebuah wilayah tak berpenduduk," papar Leibovich.

Kantor berita Ynet melaporkan, tanpa mengutip sumber apapun, "Hizbullah menerbangkan drone ini. Bisa jadi Iran yang mengaktifkan penerbangan dan sistem pemandunya, dan (drone) itu tampaknya merupakan buatan Iran."

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ynet menambahkan, "Peluncuran pesawat semacam itu dari jarak sejauh itu membutuhkan peralatan yang canggih, yang tidak dimiliki Hizbullah saat ini."

Ketika dikonfirmasi tentang laporan Ynet tersebut, juru bicara militer Israel menolak berkomentar.

Pada Juli 2006, militer Israel menembak jatuh drone yang dioperasikan oleh gerakan Hizbullah dari Lebanon. Pesawat itu ditembak di atas perairan Isreal.

Sebelumnya, 12 April 2005, sebuah pesawat tak berawak Hizbullah berhasil terbang di atas wilayah utara Israel tanpa tanpa kena tembakan.



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X