Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hujan Deras Guyur Palangkaraya

Kompas.com - 06/10/2012, 18:41 WIB
Dwi Bayu Radius

Penulis

PALANGKARAYA, KOMPAS.com - Setelah beberapa pekan cuaca panas berlangsung disertai kabut asap yang cukup pekat, hujan deras akhirnya turun di Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah. Pesawat hujan buatan, hari ini terbang dua kali di Palangkaraya dan Kabupaten Pulang Pisau.

"Hujan deras turun setelah pesawat melakukan seeding (hujan buatan)," ujar Komandan Skuadron Udara 4 Malang Mayor (Pnb) Tio Hutapea di Palangkaraya, Sabtu (6/10/2012). Ditetapkannya Pulang Pisau sebagai tujuan pesawat ikut mendorong terjadinya hujan karena kabupaten itu berbatasan dengan Palangkaraya.

Hujan deras turun sejak sekitar pukul 16.30 hingga pukul 17.30 dan intensitasnya berangsur normal tetapi belum berhenti. Tio yang menjadi pilot dalam penerbangan itu menjelaskan, tujuan pertama yakni Pulang Pisau dengan ketinggian pesawat mencapai 14.000 kaki.

"Penerbangan kedua dilakukan di selatan Palangkaraya dengan ketinggian 13.500 kaki. Ketinggian-ketinggian itu melampaui biasanya sekitar 10.000 kaki. Kecepatan angin atas dari arah selatan 17-20 knot dan saat terjadi reaksi garam dengan awan, hujan sudah bergeser ke atas Palangkaraya," katanya.   

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com