Kompas.com - 05/10/2012, 10:45 WIB
EditorErvan Hardoko

WASHINGTON DC, KOMPAS.com — Presiden Barack Obama menyerang balik rivalnya dari Partai Republik, Mitt Romney, setelah penampilan buruknya dalam debat selama 90 menit di Denver, Colorado.

Berbicara di hadapan 12.000 orang, Obama menuduh mantan Gubernur Massachussets itu berlaku tidak jujur dalam debat capres tersebut.

"Saat naik ke atas panggung, saya bertemu orang yang sangat bersemangat bernama Mitt Romney," katanya.

"Tapi, orang itu pasti bukan Romney sebab Mitt Romney yang saya tahu bepergian ke seluruh negeri menjanjikan pemotongan pajak sebesar 5 triliun dollar AS. Tapi, orang yang berdebat dengan saya mengatakan tidak mengetahui hal tersebut," ujar Obama.

"Jika ingin menjadi presiden, maka Anda berutang kejujuran kepada rakyat Amerika," tambah Obama.

Sementara itu, Romney yang terlihat sangat rileks di dalam acara debat mendapatkan tepukan meriah atas penampilannya itu ketika menghadiri sebuah acara amal di Colorado sebelum kembali ke Virginia.

Kepada ratusan orang yang hadir dalam acara itu, Romney mengatakan bahwa rakyat Amerika sudah melihat dua visi masa depan yang sangat berbeda di atas panggung Denver itu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kandidat dari Partai Republik itu berharap penampilannya yang bagus dalam debat pertama akan menaikkan angka keterpilihannya yang menurun karena sejumlah komentar dan tindakan yang salah.

Jajak pendapat yang digelar seusai acara debat itu menunjukkan perolehan suara Romney memang meningkat.

Berdasarkan survei Reuters/Ipsos, sebanyak 51 persen pemilih melihat sisi positif Romney. Ini adalah kali pertama Romney menikmati penilaian positif. Sementara itu, tingkat kepopuleran Obama tidak berubah dan masih dalam kisaran 56 persen.

Para pemilih kini melihat Romney sebagai sosok yang mungkin bisa diandalkan untuk mendongkrak perekonomian, menciptakan lapangan kerja, dan mengurangi defisit anggaran.

Sementara itu, Presiden Obama mengalami sedikit pukulan karena 54 persen pemilih mengatakan pendapat mereka kepada Obama tidak berubah, 16 persen warga mengatakan opini untuk Obama meningkat, dan 18 persen menurun.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X