Kompas.com - 04/10/2012, 17:19 WIB
|
EditorRobert Adhi Ksp

BANJARMASIN, KOMPAS.com - Selama kemarau 2012, Tim Manggala Agni Daerah Operasional 3 Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, telah memadamkan hampir 200 hektar lahan. Dari jumlah tersebut, 80 hektar di antaranya berada di dalam kawasan hutan.

"Yang di luar kawasan ada 114,3 hektar," ujar Komandan Tim Manggala Agni Daerah Operasional 3 Kabupaten Banjar, Zulkarnaen, Kamis (4/10/2012).

Menurut Zulkarnaen pihaknya telah menetapkan status siaga I kebakaran lahan sejak bulan Agustus lalu. Sedang untuk mengantisipasi kebakaran lebih lanjut telah dibentuk posko Siaga Darurat Asap bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah.

Posko didirikan Rabu kemarin di lima titik yang rawan kebakaran lahan, yakni 2 buah di Kabupaten Banjar, dan masing-masing 1 buah di Banjarbaru, Barito Kuala, dan Tanah Laut.

"Posko berfungsi untuk mengawasi dan memadamkan kebakaran. Ada sejumlah personel. Mereka juga dilengkapi peralatan pemadam api," ujarnya. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.