Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembalasan Turki Tewaskan Tentara Suriah

Kompas.com - 04/10/2012, 13:38 WIB

BEIRUT, KOMPAS.com - "Beberapa" tentara Suriah tewas ketika tentara Turki melontarkan serangan dari pos militer mereka untuk merespons tembakan mortir lintas perbatasan dari Suriah, kata sebuah lembaga pemantau, Kamis (4/10/2012).

Badan Pemantau Hak Asasi Manusia (HAM) Suriah mengatakan, serangan di garis depan perbatasan Turki itu menghantam pos angkatan bersenjata Suriah, tak jauh dari kota perbatasan Tel Abyad. Tidak ada penjelasan tentang kepastian jumlah tentara Suriah yang tewas.

Turki menuntut Dewan Keamanan untuk bertindak setelah insiden serangan mortir dari Suriah, yang menewaskan lima warga Turki, termasuk ibu dan tiga anaknya, di Kota Akcakale, Rabu (3/10/2012).

Tentara artileri Turki melancarkan tembakan meriam sebagai balasan saat malam hari. Kejadian ini menandai tajamnya eskalasi dalam krisis antara kedua negara bertetangga itu.

Serangan artileri kembali dilancarkan pada Kamis pagi, kata sumber di militer Turki, kepada AFP.

Insiden lintasperbatasan Rabu kemarin itu merupakan peristiwa pertama yang menewaskan warga sipil Turki hingga menjadikannya bentrokan paling serius sejak Juni lalu, ketika Suriah menembak sebuah jet tempur Turki dan menewaskan dua pilotnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com