Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Romney Tantang Obama dalam Debat Pertama

Kompas.com - 04/10/2012, 08:27 WIB

DENVER, KOMPAS.com — Debat calon presiden AS dimulai antara Presiden Barack Obama menghadapi penantangnya dari Partai Republik, Mitt Romney, untuk mengadu gagasan tentang persoalan dalam negeri AS dalam seri pertama rangkaian debat pemilihan presiden 2012.

Debat ini, terdiri dari tiga seri untuk capres dan satu putaran untuk cawapres, merupakan tradisi pemilihan presiden AS yang kemudian banyak ditiru di berbagai negara demokratis lain di dunia. Debat juga lazim dipakai di arena konvensi partai, fase sebelum seorang calon secara resmi diusung Partai Republik atau Demokrat sebagai calon resmi presiden AS.

Meski menurut statistik debat tidak banyak menentukan hasil akhir pemilu, ajang ini tetap dianggap penting sebagai arena untuk menunjukkan keunggulan masing-masing calon.

Presiden Barack Obama telah hadir di Denver, Colorado, yang menjadi arena debat kali ini, pada Rabu (3/10/2012) kemarin.

Acara akan berlangsung selama 90 menit dan diperkirakan akan ditonton oleh 60 juta pemirsa televisi melalui siaran langsung di seluruh dunia.

Tiga debat lain akan dilangsungkan dalam empat minggu mendatang menjelang pemilihan presiden pada 6 November nanti.

Membalik keadaan

Debat ini dimoderatori Jim Lehrer, seorang wartawan senior dan penyiar pada stasiun televisi PBS. Presiden Obama mendapat giliran pertama untuk menjawab pertanyaan.

Begitu pentingnya agenda debat ini, kedua kandidat dilaporkan mempersiapkan diri dengan sangat ketat. Romney bertemu dengan ahli strateginya sepanjang Rabu pagi (Rabu malam WIB) sebelum menuju lokasi debat pada sore hari.

Sementara Presiden Obama yang sedang dalam tur kampanyenya di Colorado juga menyiapkan diri sepanjang perjalanan.

Sejauh ini posisi Obama masih lebih dijagokan melihat hasil jajak pendapat Reuters/Ipsos yang pada Rabu kemarin menunjukkan keunggulan 47-41 persen untuk Obama dibanding Romney.

Jajak pendapat lain dari NPR menunjukkan, dukungan untuk Obama mencapai 51-44 persen dibanding Romney.

Meski debat bisa jadi momentum untuk membalik keadaan, kesalahan kecil sekalipun dalam debat ini juga bisa jadi malapetaka.

Debat hari ini banyak dinilai sebagai agenda terpenting selama rangkaian debat mendatang karena fokus pada isu domestik di mana Romney diperkirakan akan menggunakan lesunya ekonomi AS sebagai bahan serangan utama terhadap kinerja pemerintah Presiden Obama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com