Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Kongo Santuni Korban Ledakan

Kompas.com - 03/10/2012, 18:50 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Pemerintah Republik Kongo menyediakan dana sekitar 66 miliar franc kongo atau setara dengan 125,1 juta dollar AS sebagai dana santunan bagi para korban meledaknya depo senjata di Brazzaville. Insiden mematikan itu terjadi pada 4 Maret 2012, tulis Xinhua pada Rabu (3/10/2012).

Menurut Menteri Keuangan Gilbert Ondongo, kelak tiap orang yang meninggal, ahl warisnya bakal mendapat sekitar 50.000 dollar AS. Dalam kejadian itu, 300 orang tewas.

Sementara itu, bagi 47 korban yang anggota tubuh mereka terpaksa diamputasi, pemerintah memberikan santunan per orang sebesar 270 dollar AS per bulan sepanjang hidup mereka. "Selain itu, pemerintah merekonstruksi rumah-rumah yang rusak mulai awal tahun depan," kata Ondongo.

Menurut Ondongo, ada sekitar 20.000 warga yang terkena dampak langsung ledakan tersebut. Kemudian, ada 2.500 warga terluka. Sementara, 17.000 lainnya kehilangan tempat tinggal. "Dana yang disiapkan untuk santunan itu adalah dana darurat pemerintah," demikian Gilberto Ondongo.

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com