Kompas.com - 03/10/2012, 18:04 WIB
EditorKistyarini

 

MOSKWA, KOMPAS.com — Pemimpin Badan Keamanan Federal Rusia menuduh kelompok Al Qaeda bertanggung jawab atas serangkaian kebakaran hutan yang menimbulkan korban jiwa di Eropa, Rabu (3/10/2012).

Menurut Alexander Bornikov, kebakaran itu disengaja dan merupakan bagian dari strategi kelompok tersebut untuk melemahkan lawan-lawannya dengan serangan berbiaya rendah.

"Harus ada yang memperhatikan bahwa kebakaran hutan di negara-negara Uni Eropa merupakan kecenderungan baru dalam strategi Al Qaeda ini," kantor berita Ria Novosti mengutip Bornikov, yang mengatakan hal itu dalam sebuah pertemuan para pemimpin badan keamanan.

"Metode ini memungkinkan (Al Qaeda) menimbulkan kerusakan ekonomi dan moral tanpa persiapan awal yang serius, peralatan teknis, atau biaya besar."

Dalam menghubungkan Al Qaeda dengan kebakaran hutan di Eropa, Bornikov merujuk pada seruan untuk melancarkan "jihad hutan" dalam laman-laman ekstremis yang juga memublikasikan instruksi detail tentang cara dan tempat terbaik untuk melakukannya.

Dia mengatakan, sangat sulit bagi badan-badan khusus untuk menemukan dan menghukum para pembakar hutan.

Kebakaran yang menimbulkan korban jiwa melanda hutan-hutan di sejumlah negara anggota Uni Eropa, seperti Portugal dan Spanyol, dalam beberapa bulan terakhir. Selain menyebabkan kematian, kebakaran hutan juga memaksa ribuan orang mengungsi.

Dalam kampanyenya menentang Barat, Al Qaeda bersumpah membuat "lawan berdarah-darah hingga mati" dengan menggunakan cara yang murah, serangan berskala rendah, yang mereka sebut "strategi seribu sayatan".

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.