Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Spanyol Seolah Malu-malu Minta Bantuan

Kompas.com - 03/10/2012, 11:10 WIB
Simon Saragih

Penulis

MADRID, KOMPAS.com — Pemerintah Spanyol seolah malu-malu meminta bantuan darurat ke Uni Eropa, Dana Moneter Internasional (IMF), dan Bank Sentral Eropa (ECB). Di sisi lain, krisis ekonomi di Spanyol sudah semakin dalam.

Pengangguran di Spanyol sudah mencapai 25 persen. Suku bunga obligasi terbitan Pemerintah Spanyol berjangka 10 tahun juga sudah tinggi, yakni 5,75 persen.

Suku bunga tinggi ini pertanda risiko gagal bayar bayar utang berpotensi meningkat. Sebagai perbandingan, suku bunga obligasi Pemerintah Jerman di bawah 2 persen.

Karena itu, muncul dugaan bahwa Spanyol sudah tidak bisa menahan dampak negatif kelesuan ekonomi sehingga kemungkinan segera akan meminta bantuan darurat.

Akan tetapi, Perdana Menteri Spanyol Mariano Rajoy, Selasa (2/10/2012), di Madrid, tidak menjawab pertanyaan apakah Spanyol kemungkinan sudah lempar handuk.

Menurut kantor berita Associated Press, Spanyol sedang berpikir keras apakah akan menyerah. Ada perhitungan di balik itu, yakni jika pemerintah meminta bantuan darurat, negara ini tidak akan bisa menahankan derita lebih besar karena kucuran bantuan akan mempersyaratkan pengetatan pengeluaran negara secara lebih tegas. Ini ditakutkan akan memperparah krisis seperti dialami Yunani.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com