Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manufaktur Amerika Serikat Membaik

Kompas.com - 02/10/2012, 08:00 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Indeks manufaktur ISM di Amerika Serikat pada bulan September 2012 mencatat kenaikan menjadi 51,5 atau naik secara tidak terduga dari sebelumnya 49,6 pada bulan Agustus. Ini menjadi sentimen positif bursa global, khususnya di AS pada perdagangan Senin (1/10/2012) pagi nanati waktu setempat.

Menurut ekonom Samuel Sekuritas Indonesia Lana Soelistianingsih, angka indeks kembali ke atas level 50 sebagai level ekonomi yang normal. Kenaikan angka indeks ini juga membantu mengurangi kekawatiran pelemahan ekonomi AS, kembali ke arah pelemahan karena efek resesi ekonomi di Uni Eropa.

Namun, di saat yang sama indeksmanufaktur China masih mencatat penurunan. Pesimisme juga terlihat pada manufaktur besar di Jepang selama triwulan ketiga.

Tingkat pengangguran di zona euro mencapai level yang tertinggi 11,4 persen pada bulan Agustus. Pidato Bernanke yang menjamin bahwa the Fed akan mengambil kebijakan moneter yang sangat akomodatif ikut membantu perbaikan sentimen.

Kebijakan suku bunga rendah masih akan bertahan hingga pertengahan 2015. Nilai tukar euro menguat dan imbal hasil obligasi Spanyol dan Italia turun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com