Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Angka Pengangguran di Zona Euro Meningkat Tajam

Kompas.com - 02/10/2012, 07:57 WIB

BRUSSELS, KOMPAS.com - Jumlah penganggur membubung di blok negara-negara pengguna mata uang euro di Eropa, dengan kenaikan dua juta pekerja yang menganggur dibandingkan dengan tahun lalu.

Uni Eropa, Senin (1/10) memberitakan bahwa lebih dari 18 juta pekerja menganggur di blok 17 negara pengguna mata uang euro itu pada bulan Agustus, jumlah terbanyak sejak Uni Eropa pertama kali mencatat hal ini pada tahun 1995. Tingkat pengangguran di zona euro kini 11,4 persen, jauh lebih tinggi daripada dua pesaing ekonominya, yakni 8,1 persen di Amerika Serikat dan 4,1 persen di Jepang.

Sementara itu, tujuh juta pekerja disebut menganggur di 10 negara Uni Eropa lainnya yang tidak tergabung dalam zona euro. Jurubicara Komisi Eropa Jonathan Todd menyebut tingkat pengangguran secara keseluruhan tidak dapat diterima.

Tingkat pengangguran di Spanyol mencapai 25 persen pada bulan Agustus, sedangkan Yunani sedikit lebih rendah dari angka tersebut. Tingkat pengangguran di Jerman yang ekonominya kuat mencapai 5,5 persen, sedangkan negara tetangganya Austria, memiliki tingkat pengangguran terendah di zona euro dengan 4,5 persen.

Di Athena, para pejabat Yunani bertemu dengan para kreditor internasional untuk membahas rencana mereka bagi penghematan 17 miliar dolar dalam upaya memastikan pencarian dana talangan tahap berikutnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com