Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengungsi Rohingya Dituduh Terlibat

Kompas.com - 02/10/2012, 02:26 WIB

Dhaka, Senin - Aparat keamanan Banglades, Senin (1/10), menuduh para pengungsi etnis Rohingya asal Myanmar terlibat dalam aksi penyerangan dan perusakan kuil Buddha dan perumahan di kawasan tenggara negeri itu.

Insiden terjadi Sabtu pekan lalu ketika ribuan warga marah akibat sebuah foto yang dianggap menghina Islam diunggah di salah satu akun Facebook.

Mereka lalu menyerbu dan menyerang sebuah kawasan permukiman warga minoritas Buddha, yang terletak di sekitar perbatasan Myanmar.

Sedikitnya 50 rumah serta puluhan kuil dan biara dibakar dan dijarah. Para pelaku juga menjarah patung-patung Buddha yang ada.

”Serangan dilakukan terhadap kawasan Ramu dan sekitar Distrik Cox’s Bazar itu dilakukan para anggota kelompok radikal. Warga Rohingya dan lawan politik pemerintah terlibat dalam peristiwa serangan itu,” ujar Menteri Dalam Negeri Mohiuddin Khan Alamgir.

Alamgir juga menyebut serangan itu dilakukan secara terencana dan bertujuan merusak keharmonisan yang ada selama ini di Banglades.

Kejadian ini menjadi konflik sektarian terburuk yang pernah terjadi di Banglades. Serangan itu juga memicu kekhawatiran warga minoritas di sana.

Mengusir perusuh

Menurut aparat kepolisian Banglades, kerusuhan pertama kali pecah dan menyebar di Pelabuhan Chittagong. Dua kuil dirusak.

Polisi ketika itu berhasil mengusir para perusuh dan mengamankan lokasi. Mereka juga menahan sedikitnya 170 perusuh.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com