Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AirAsia Mulai Beroperasi dari Don Mueang

Kompas.com - 01/10/2012, 18:42 WIB
Haryo Damardono

Penulis

BANGKOK, KOMPAS.com - Maskapai AirAsia pada Senin (1/10/2012) ini mengumumkan pemindahan operasionalnya di Bandara Internasional Don Mueang, Thailand. Sebelumnya Air Asia beroperasi di Bandara Svarnabhumi.

"Saya sangat senang dengan kepindahan operasional AirAsia ke Bandara Internasional Don Mueang, yang mungkin merupakan bandara untuk maskapai penerbangan berbiaya hemat terbesar di Thailand," kata Chief Executive Office Grup AirAsia, Tony Fernandes, Senin malam, dalam surat elektroniknya.

"Beroperasi di bandara berbiaya hemat, telah menjadi sesuatu yang kami perjuangkan sejak lama, dan ini merupakan langkah pertama menuju sebuah kesempatan besar di industri maskapai penerbangan berbiaya hemat di negara ini," katanya.

Ia menambahkan, "Bandara Internasional Don Mueang telah siap untuk mengakomodasi layanan penerbangan AirAsia Thailand, dan membantu mereka mencapai tujuan yang telah ditentukan," ujar Tony.

Menurut Tony, bandara itu merupakan tempat yang tepat untuk maskapai penerbangan berbiaya hemat beroperasi, karena tingkat kongesti yang lebih rendah serta taxi time yang lebih pendek. Hal itudapat berpengaruh pada berkurangnya konsumsi bahan bakar dan delay.

CEO AirAsia Thailand, Tassapon Bijleveld, mengungkapkan bahwa pada 30 September malam, AirAsia memindahkan 22 pesawat Airbus A320 miliknya dari Bandara Internasional Suvarnabhumi ke rumah barunya di Bandara Internasional Don Mueang dalam waktu 8 jam, mulai pukul 20.00 sampai 04.00.

Semua peralatan, termasuk kereta bagasi dan tangga penumpang dipindahkan dalam waktu 24 jam. Tassapon menyebut acara perpindahan ini sebagai sebuah tonggak sejarah untuk AirAsia.

"Kami ingin berterima kasih kepada Airports of Thailand (AOT) atas dukungan mereka, dan memastikan langkah yang kami ambil akan berhasil," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com