Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Banglades Tuding Pengungsi Rohingya

Kompas.com - 01/10/2012, 17:50 WIB

DHAKA, KOMPAS.com - Pemerintah Banglades menuding pengungsi Rohingya dari Myanmar terlibat dalam penyerangan sejumlah kuil dan pemukiman umat Budha di kota wisata Cox's Bazaar, akhir pekan lalu.

"Penyerangan kuil dan pemukiman umat Budha di Ramu dan Cox's Bazaar didalangi kelompok radikal Islam," kata Menteri Dalam Negeri Banglades, Mohiuddin Khan Alamgir, kepada wartawan, Senin (1/10/2012).

"(Pengungsi) Rohingya dan lawan politik pemerintah juga terlibat," tambah Alamgir.

Lebih jauh Alamgir menggambarkan serangan itu sebagai upaya terencana untuk menghancurkan keharmonisan masyarakat.

Serangan pada Sabtu dan Minggu lalu itu adalah salah satu konflik sektarian terburuk di Banglades dan memicu rasa ketakutan terhadap umat minoritas Budha.

Polisi sejauh ini sudah menahan 170 orang yang diduga melakukan vandalisme. Pemerintah langsung menggelar penyelidikan atas kasus kekerasan ini.

Suku Rohingya terlibat konflik sektarian Juni lalu dengan warga mayoritas Budha di Myanmar.

Pemerintah Myanmar menganggap suku Rohingya bukan warga negaranya. Sementara Banglades menolak kehadiran para pengungsi Rohingya dan mengusir mereka kembali ke laut.

Meski pemerintah Banglades mengusir para pengungsi Rohingya, warga setempat yakin beberapa dari mereka berhasil menyelinap masuk dan bergabung dengan kelompok militan Islam.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com