Kompas.com - 01/10/2012, 16:39 WIB
EditorKistyarini

KOMPAS.com - Debat calon presiden Amerika Serikat yang disiarkan di televisi telah lama menjadi bagian dari persaingan untuk menuju Gedung Putih dan bisa menaikkan suara bagi calon kandidat.

Debat capres pada pemilihan presiden (pilpres) 2012 ini, yang mempertemukan calon petahana Presiden Barack Obama (Partai Demokrat) dengan Mitt Romney (Partai Republik) akan digelar di University of Denver, Denver, Rabu (3/10/2012).

Berikut adalah debat capres AS yang pernah diselenggarakan di AS:

Pilpres 1960: John Kennedy (Demokrat) vs Richard Nixon (Republik)
Sejarawan meyakini bahwa debat yang pertama kali disiarkan di televisi pada 26 September 1960 disaksikan oleh 66 juta warga AS dan Kennedy berhasil menduduki kursi kepresidenan.

Pada debat ini Nixon terlihat pucat karena baru dirawat di rumah sakit akibat cedera lutut. Dia terlihat lebih kurus akibat sakit flu dan menolak menggunakan riasan agar terlihat lebih cerah saat disorot lampu studio. 

Di lain pihak, Kennedy terlihat lebih bugas dan tenang, kulitnya kecokelatan setelah terpapar matahari saat berkampanye di California.  Setelan jas warna gelap yang dikenakannya, menambah menarik penampilannya. Berbeda dengan Nixon yang mengenakan jas abu-abu. 

Saat menjawab pertanyaan, Kennedy menatap langsung ke arah kamera, bukan pada wartawan seperti yang dilakukan Nixon.

Pilpres tahun tersebut dimenangi Kennedy. Sayangnya, dia terbunuh pada 1963.

Pilpres 1976: Jimmy Carter (Demokrat) vs Gerald Ford (Republik)
Debat pada 23 September merupakan yang pertama kali digelar setelah debut pertama pada tahun 1960 itu. Kekhawatiran akibat pengalaman sebelumnya, Nixon menolak untuk mengikuti debat apapun di televisi pada 1968 dan 1972. Penerus Kennedy, Lyndon Johnson juga menolak debat dengan rivalnya asal Partai Republik di tahun 1964.

Saat-saat menentukan datang pada debat kedua Carter-Ford, ketika Ford - presiden petahana - melakukan kesalahan ketika ditanya tentang pengaruh Uni Soviet di Eropa.  "Tidak ada dominasi Soviet di Eropa Timur," kata Ford.

Hasilnya, Carter terpilih menjadi presiden.

Pilpres 1980: Jimmy Carter (Demokrat) vs Ronald Reagan (Republik)
Reagan yang merupakan mantan bintang Hollywood, menikmati bakatnya berbicara di depan umum dalam dua debat capres yang dilangsungkan hanya satu minggu menjelang pemungutan suara. 

Halaman:
Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.