Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peringatan Bom Bali 2 Dihadiri Mantan JI

Kompas.com - 01/10/2012, 13:54 WIB
Kontributor Denpasar, Muhammad Hasanudin

Penulis

DENPASAR, KOMPAS.com — Keluarga korban tragedi bom Bali 2 pada 1 Oktober 2005 lalu memperingati 7 tahun peristiwa yang merenggut nyawa orang terkasih mereka di salah satu lokasi ledakan, Nyoman Cafe Jimbaran, Senin (1/10/2012).

Tak hanya keluarga korban bom Bali 2, keluarga korban bom Bali 1 juga ikut memperingati tragedi tersebut dengan cara tabur bunga di Pantai Jimbaran, lokasi ledakan. Selain tabur bunga, peringatan 7 tahun Bom Bali 2 digelar dengan berbagai kegiatan di Nyoman Cafe, dari pagi hingga sore.

Salah satu yang menarik perhatian warga dan keluarga korban adalah kehadiran Nassir Abbas, mantan "pentolan" Jamaah Islamiyah. Dalam kesempatan ini Nassir Abbas akan melakukan diskusi dengan keluarga korban, pelajar, dan warga terkait upaya-upaya deradikalisasi terorisme.

Menurut Nassir Abbas, bibit-bibit terorisme tak hanya muncul dari kelompok radikal, tetapi bisa juga dari pihak keluarga korban yang masih menyimpan dendam.

"Pendekatan yang sama juga perlu dilakukan terhadap keluarga korban bom, jangan hanya pelaku. Kita bicara bersama, tukar pikiran bersama, sampai kapan kita akan saling balas," ungkap Nassir di sela-sela peringatan.

Nassir Abbas juga meminta kepada pemerintah dan masyarakat Indonesia untuk bersama-sama memerhatikan nasib para keluarga korban bom karena banyak dari mereka yang menanggung beban cukup berat setelah ditinggal kepala keluarga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com