Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbankan Spanyol Butuh 59,3 Miliar Euro

Kompas.com - 01/10/2012, 08:04 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -  Bank-bank di Spanyol akan membutuhkan dana sebanyak 59,3 miliar euro atau sekitar 76,3 miliar dollar AS sebagai modal ekstra untuk keluar dari krisis ekonomi. Dana itu dibutuhkan untuk menekan kemungkinan kontraksi perekonomian negara itu yang bisa mencapai 6,5 persen.

Angka kebutuhan dana itu dirilis konsultan Oliver Wyman akhir pekan lalu dan dirilis tim riset Monex Investindo Futures di Jakarta, Senin (1/10/2012).

Wyman merupakan lembaga audit independen yang ditunjuk oleh 14 bank utama dari bebagai negara. Perkiraan terburuknya adalah jika tidak memperhitungkan kredit pajak atau rencana perbankan kedepannya untuk meningkatkan modal mereka sendiri, perekonomian Spanyol diperkirakan akan berkontraksi sebesar 6,5 persen di antara tahun 2012 sampai 2014.

Lembaga audit mengatakan bahwa setengah dari 14 bank telah memiliki modal yang dibutuhkan, dengan kekurangan sebanyak 49 miliar euro untuk bank-bank yang sudah dinasionalisasi.

Monex menyatakan, hasil audit akan sangat membantu pemerintah Spanyol. Yakni, untuk menentukan berapa banyak uang yang akan dimanfaatkan dari batas kredit sebanyak 100 miliar euro yang telah disepakati Uni Eropa untuk merekapitalisasi bank-bank yang sedang bermasalah. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com