Kompas.com - 01/10/2012, 08:04 WIB
|
EditorRobert Adhi Ksp

JAKARTA, KOMPAS.com -  Bank-bank di Spanyol akan membutuhkan dana sebanyak 59,3 miliar euro atau sekitar 76,3 miliar dollar AS sebagai modal ekstra untuk keluar dari krisis ekonomi. Dana itu dibutuhkan untuk menekan kemungkinan kontraksi perekonomian negara itu yang bisa mencapai 6,5 persen.

Angka kebutuhan dana itu dirilis konsultan Oliver Wyman akhir pekan lalu dan dirilis tim riset Monex Investindo Futures di Jakarta, Senin (1/10/2012).

Wyman merupakan lembaga audit independen yang ditunjuk oleh 14 bank utama dari bebagai negara. Perkiraan terburuknya adalah jika tidak memperhitungkan kredit pajak atau rencana perbankan kedepannya untuk meningkatkan modal mereka sendiri, perekonomian Spanyol diperkirakan akan berkontraksi sebesar 6,5 persen di antara tahun 2012 sampai 2014.

Lembaga audit mengatakan bahwa setengah dari 14 bank telah memiliki modal yang dibutuhkan, dengan kekurangan sebanyak 49 miliar euro untuk bank-bank yang sudah dinasionalisasi.

Monex menyatakan, hasil audit akan sangat membantu pemerintah Spanyol. Yakni, untuk menentukan berapa banyak uang yang akan dimanfaatkan dari batas kredit sebanyak 100 miliar euro yang telah disepakati Uni Eropa untuk merekapitalisasi bank-bank yang sedang bermasalah. 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X