Kompas.com - 30/09/2012, 19:26 WIB
|
EditorTri Wahono

PALANGKARAYA, KOMPAS.com - Sejumlah jadwal penerbangan di Bandara Tjilik Riwut, Palangkaraya, Kalimantan Tengah terganggu. Kabut asap dampak kebakaran hutan dan lahan gambut membuat jarak pandang hanya berkisar 800 meter.

Otoritas Bandara Tjilik Riwut, Minggu (30/09/2012) memberlakukan prosedur buka tutup bandara. Hal ini dikarenakan jarak pandang minimum yang diperlukan pilot untuk mendarat sebesar 1.500 meter tidak terpenuhi.

Kabut asap dampak kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di Palangkaraya dan sejumlah kabupaten di Kalimantan Tengah membuat jarak pandang di kota ini hanya berkisar 800 meter.

Kepala Bandara Tjilik Riwut, Norman Dani melalui telepon mengatakan hanya pesawat Lion air tujuan Jakarta yang terbang melalui bandara ini yakni pada pukul 07.00 WIB.

"Jarak pandang 800 meter, yang diperlukan pilot untuk landing 1500, sementara baru Lion jam 07.00 pagi, kalau take off tidak masalah," jelas Norman.

Prosedur buka tutup bandara sebelumnya juga sempat terjadi pada 17 September lalu. Saat itu jarak pandang hanya berkisar 600 meter saja.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.