Kompas.com - 28/09/2012, 16:55 WIB
EditorLatief

KOMPAS.com - Penggemar John Lennon, The Beatles, atau pengagum kebudayaan kaum hippie kini dapat membeli kembali "rumah" mereka. Pasalnya, pulau pribadi yang pernah dimiliki oleh salah satu personel The Beatles, John Lennon, kini tengah dijual.

Pulau Dorninish di Clew Bay, pesisir barat Co Mayo, Irlandia, ini pernah dimiliki oleh John Lennon sampai kematiannya tragisnya. Pulau ini dikenal juga dengan nama "Pulau Beatle" atau "Pulau Hippie". Pulau ini juga merupakan "rumah" bagi komunitas hippie idealis di bawah arahan Sid Rawle, pendiri Digger Action Movement.

Pulau seluas hampir delapan hektare ini memiliki pemandangan luar biasa. Pulau tersebut terdiri dari gundukan hijau kembar, dihubungkan oleh jalan lintas alam. Jika menginginkannya, Anda hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 3,7 miliar lebih. 

Dorninish terletak hanya 15 menit dari pantai barat Irlandia. Ia merupakan salah satu dari 365 pulau yang tersebar di seluruh teluk.

Beberapa pulau dimiliki oleh petani, sisanya dimiliki oleh orang asing dan selebriti. Para selebriti tersebut menggunakan pulau ini sebagai rumah liburan mereka.

Salah satu pulau dimiliki oleh pengikut Maharishi Mahesh, pendiri gerakan meditasi transendental. Louis Walsh dan pendiri Island Records Chris Blackwell juga dikabarkan memiliki properti di area ini.

Adapun John Lennon membeli Dorninish pada 1967. Ia mendapatkan izin membangun sebuah rumah di pulau tersebut.

Namun, ternyata Lennon tidak pernah melakukannya. Alih-alih membangun gedung, ia mengirimkan beberapa karavan dan mengunjungi pulau ini bersama istrinya selama beberapa tahun.

Hingga pada 1970, Lennon pun belum siap untuk betul-betul pindah ke pulau ini. Ia justru menawarkan pulau tersebut untuk digunakan tanpa biaya sewa oleh Sid Rawle, seorang aktivis Inggris pembela hak kepemilikan tanah dan kedamaian.

Bagi pers, Rawle adalah "Raja Para Hippies". Lennon pernah berkata kepada New York Times, bahwa ia berencana untuk pensiun dan menetap di Dorninish.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.