Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bibi Kim Jong-un Dirawat di Singapura?

Kompas.com - 28/09/2012, 15:26 WIB

PYONGYANG, KOMPAS.com - Bibi Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un dikabarkan sakit parah dan kemungkinan akan dirawat di Singapura. Demikian laporan media Korea Selatan, Jumat (28/9/2012).

Isu santer mengenai sakitnya bibi Kim Jong-Un itu yang bernama Kim Kyong-Hui (66) mencuat karena dia tak terlihat dalam pertemuan penting parlemen Korea Utara.

Foto terakhir Kim Kyong-hui yang bisa diperoleh memperlihatkan sosok yang kurus karena mengalami penurunan berat badan secara signifikan.

Surat kabar Korea Selatan mengutip sumber pemerintah Korea Selatan dan informasi diplomat di Beijing, mengungkapkan Kim sedang berada di luar negeri mencari pengobatan medis.

"Saya mendapat informasi bahwa Kim (Kim Jong-Un) tiba di Singapura didampingi pengawal yang tidak begitu banyak," demikian harian Joong Ang Ilbo mengutip sumber yang dekat dengan pemerintahan Korea Utara.

"Sepertinya dia dirawat di rumah sakit dan sekarang masih dalam perawatan," kata sumber itu. 

Sementara itu, Kementerian Korea Selatan, yang menangani hubungan lintas batas antar negara menolak untuk menanggapi isu tersebut.

Singapura diyakini telah lama menjadi tujuan perawatan medis bagi para pejabat Korea Utara. 

Bersama suaminya Jang Song-Thaek, Kim dianggap memiliki peran dalam membantu keponakannya Kim Jong-Un untuk meraih pucuk pimpinan setelah kematian ayah Kim Jong-Un. Desember lalu.

Jang yang juga Wakil Ketua Komisi Pertahanan Nasional dipandang sebagai orang nomor dua dalam hierarki Korea Utara. Pengamat mengatakan mereka adalah kekuatan sesungguhnya di balik tahta di Pyongyang.

Kim Kyong-Hui berada di pusat kekuasaan  hampir selama 40 tahun dan saat ini menjabat sebagai Sekretaris Komite Pusat Partai Buruh Korea.

Dia sempat menghilang pada 2003 ketika suaminya seperti disingkirkan, tapi kembali lagi di 2009 ketika Kim Jong Il menderita stroke, dan dia menemani Jong-Il ke acara-acara pemerintahan.

Dia dijadikan jenderal bintang empat bersama Kim Jong-Un pada September 2010.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com