Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Spanyol Pilih Potong Biaya Belanja

Kompas.com - 28/09/2012, 08:13 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Pemerintah Spanyol akan lebih fokus pada pemotongan biaya belanja dibandingkan kenaikan pajak untuk anggaran tahun 2013. Pilihan ini direspon positif pelaku pasar pada perdagangan semalam.

Deputi Perdana Menteri Spanyol Soraya de Saenz, seperti dikutip tim riset Monex Investindo Futures, Jumat (28/9/2012), mengatakan, belanja sosial akan mencapai 63,5 persen dari anggaran. Begitu juga dengan dana pensiun dan hibah yang akan meningkat.

Pemerintah Spanyol juga berencana menyediakan dana 3 miliar euro yang dananya diambil dari dana cadangan pensiun untuk menutupi beberapa kebutuhan kas negara.

Saenz juga mengatakan bahwa pemerintah akan membentuk otoritas anggaran independen, yang akan ambil bagian dalam memonitor pengeluaran pemerintah daerah. Menteri Anggaran Cristobol Montoro Romero mengatakan bahwa Spanyol akan mengalami "resesi ringan pada tahun 2013" dengan PDB diperkirakan akan turun 0,5 persen.

Dia mengatakan, pemerintah akan memenuhi target defisit anggaran 2012 sebesar 6,3 persen pada tahun ini. Sementara itu untuk 2013, diperkirakan target defisit anggaran sebesar 4,5 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com