Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemimpin Kartel Zetas Ditangkap

Kompas.com - 28/09/2012, 05:24 WIB

Mexico City, Kamis - Angkatan Laut Meksiko menyatakan telah menangkap salah seorang gembong narkoba paling dicari, Rabu (26/9). Gembong narkoba tersebut adalah salah satu pemimpin kartel Zetas, kelompok pedagang narkoba yang dikenal kejam.

Pihak AL mengatakan telah menangkap orang yang diduga Ivan Velazquez Caballero, gembong Zetas yang dikenal dengan julukan ”El Taliban”, di negara bagian San Luis Potosi, Meksiko tengah.

Velazquez Caballero akhir- akhir ini diketahui sedang bertikai dengan pemimpin utama Zetas, Miguel Angel Trevino Morales, dalam sebuah pertarungan internal.

Para pejabat Meksiko mengatakan, perpecahan itu menjadi penyebab melonjaknya insiden pembantaian dan baku tembak, terutama di Meksiko utara.

Dikenal juga sebagai ”Z-50”, Velazquez Caballero dicari dengan ganjaran 30 juta peso (Rp 22,35 miliar).

Menurunkan kebrutalan

Jika benar Velazquez Caballero ditangkap, hal itu bisa menurunkan gelombang kekerasan brutal yang telah melanda kota- kota perbatasan, seperti Nuevo Laredo, yang berseberangan dengan kota Laredo di Texas, AS, beberapa pekan terakhir.

Pada 14 September, delapan pria ditemukan tewas tertembak dan seorang menggantung di jembatan di Nuevo Laredo, wilayah yang secara tradisional dikuasai Trevino Morales alias ”Z-40”. Pihak berwajib juga menemukan 14 mayat penuh luka tembak dijejalkan di sebuah van pada pertengahan Agustus di San Luis Potosi.

Para analis menduga mereka adalah orang-orang yang setia kepada ”El Taliban”, dan ditinggalkan di sana sebagai peringatan oleh bawahan Trevino Morales.

Seorang pejabat AS di Meksiko, yang meminta tak disebutkan identitasnya, mengatakan, Velazquez Caballero diduga telah membuat aliansi dengan kartel Caballeros Templarios di negara bagian Michoacan dalam pertempuran melawan Trevino Morales.

Jika benar ”El Taliban” tertangkap, perkembangan terbaru ini bisa memperkuat posisi Trevino Morales, yang memimpin Zetas bersama Heriberto Lazcano alias ”El Lazca”.

(Reuters/AP/DI)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com