Pemimpin Kartel Zetas Ditangkap

Kompas.com - 28/09/2012, 05:24 WIB
Editor

Mexico City, Kamis - Angkatan Laut Meksiko menyatakan telah menangkap salah seorang gembong narkoba paling dicari, Rabu (26/9). Gembong narkoba tersebut adalah salah satu pemimpin kartel Zetas, kelompok pedagang narkoba yang dikenal kejam.

Pihak AL mengatakan telah menangkap orang yang diduga Ivan Velazquez Caballero, gembong Zetas yang dikenal dengan julukan ”El Taliban”, di negara bagian San Luis Potosi, Meksiko tengah.

Velazquez Caballero akhir- akhir ini diketahui sedang bertikai dengan pemimpin utama Zetas, Miguel Angel Trevino Morales, dalam sebuah pertarungan internal.

Para pejabat Meksiko mengatakan, perpecahan itu menjadi penyebab melonjaknya insiden pembantaian dan baku tembak, terutama di Meksiko utara.

Dikenal juga sebagai ”Z-50”, Velazquez Caballero dicari dengan ganjaran 30 juta peso (Rp 22,35 miliar).

Menurunkan kebrutalan

Jika benar Velazquez Caballero ditangkap, hal itu bisa menurunkan gelombang kekerasan brutal yang telah melanda kota- kota perbatasan, seperti Nuevo Laredo, yang berseberangan dengan kota Laredo di Texas, AS, beberapa pekan terakhir.

Pada 14 September, delapan pria ditemukan tewas tertembak dan seorang menggantung di jembatan di Nuevo Laredo, wilayah yang secara tradisional dikuasai Trevino Morales alias ”Z-40”. Pihak berwajib juga menemukan 14 mayat penuh luka tembak dijejalkan di sebuah van pada pertengahan Agustus di San Luis Potosi.

Para analis menduga mereka adalah orang-orang yang setia kepada ”El Taliban”, dan ditinggalkan di sana sebagai peringatan oleh bawahan Trevino Morales.

Seorang pejabat AS di Meksiko, yang meminta tak disebutkan identitasnya, mengatakan, Velazquez Caballero diduga telah membuat aliansi dengan kartel Caballeros Templarios di negara bagian Michoacan dalam pertempuran melawan Trevino Morales.

Jika benar ”El Taliban” tertangkap, perkembangan terbaru ini bisa memperkuat posisi Trevino Morales, yang memimpin Zetas bersama Heriberto Lazcano alias ”El Lazca”.

(Reuters/AP/DI)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.